Click ~ Harga Promo Edisi Bulan ini

Isuzu Fokus di Kendaraan Besar Giga

Isuzu dikenal dengan kendaraan niaga atau kendaraan besar, seperti Elf, pikap hingga truk. Hampir semua kendaraan niaga hingga truk yang ada di Indonesia didominasi oleh Isuzu.

Melihat eksistensinya di pasar otomotif Indonesia yang dikenal dengan kendaraan besar, apakah Isuzu tidak berpikir kalau ingin mencoba bermain di kelas mobil kecil seperti MPV, SUV, Sedan dan city car?

President Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia Yohannes Nangoi mengatakan kalau Isuzu dikenal jago bermain dikendaraan besar. Tapi untuk kendaraan kecil Isuzu masih dikatakan tidak jago.

isuzu giga
isuzu giga

“Kalau Isuzu di suruh main di kendaraan kecil tidak akan bisa. Kita akan fokus ke kendaraan besar saja, Sementara itu, untuk passanger car andalah Isuzu hanya 1, yakni Isuzu Panther. “Untuk Panther akan kami pertahankan. Penjualan Panther masih bagus,” paparnya.

Dengan demikian, Yohannes menambahkan, Isuzu menjadi rajanya diesel yang memimpin pasar untuk segmen kendaraan niaga di Indonesia terutama Isuzu Elf yang pangsa pasarnya sangat tinggi.

Seperti yang pernah dijanjikan oleh Marketing Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Supranoto Tirtodidjojo di acara Workshop Teknologi Mesin Diesel yang digelar 7 Mei lalu, hari ini spesialis kendaraan diesel Isuzu meluncurkan Tractor Head Giga FVZ 34P.

Kendaraan yanga masuk dalam kategori medium truck 6×4 285 PS ini dilengkapi mesin 6HK1-TCS 6 silinder segaris berkapasitas 7.790 cc, Over Head Cam direct injection plus turbo intercooler. Giga FVZ merupakan tractor head pertama di Indonesia yang mengusung teknologi Heavy Duty Common Rail di kelasnya.

Menurut Departement Head Product Marketing IAMI, Tonton Eko Boedianto, Isuzu Giga FVZ Tractor Head merupakan kendaraan komersil di kategori III yang memiliki tenaga terbesar di kelasnya yaitu 285 PS pada 2.400 rpm.

Ia menambahkan bahwa yang lebih penting lagi, torsinya yang mencapai 90 kgm (882,6 Nm) berkarakter flat ada di rentang putaran 1.450 hingga 2.400 rpm. “Hal ini tidak hanya membuatnya menjadi lebih bertenaga tetapi juga paling efisien bahan bakar,” ujar Tonton.

Kelebihan lainnya, ia memiliki GCW (Gross Combination Weight) paling besar di kelas tractor head kategori III yaitu 38,1 ton.

“Kita tidak bilang kendaraan kita yang terbaik, tetapi memiliki value yang bagus,” ujar Tonton. “Kendaraan ini memiliki harga yang bersahabat namun dengan performa yang baik.”

Hal senada diungkapkan oleh Vice President IAMI Yohannes Nangoi. Ia menambahkan, “Saat ini banyak produsen yang melakukan perang harga, perang diskon. Hal itu tidak akan kami lakukan. Tapi kita menawarkan value,” tegas Nangoi.

Isuzu Indonesia melakukan survei kepada konsumen terhadap apa yang mereka butuhkan pada kendaraan mereka. Alhasil setiap pembelian Giga FVZ Tractor Head, konsumen tidak perlu melakukan modifikasi karena kendaraan tersebut sudah dilengkapi 11 fitur tambahan yaitu:

1. Rotary Lamp berwarna kuning sesuai regulasi pemerintah yang mewajibkan kendaraan angkut berukuran besar memasangkan lampu rotary berwarna kuning.

2. Working Lamp, berupa lampu sorot yang membantu operator menghubungkan trailer beban saat kondisi gelap.

3. Trail Brake Connecting Hose, untuk menghubungkan selang-selang sistem pengereman dan sistem kelistrikan dengan trailer.

4. Working Deck, berupa plat pijakan di bagian belakang agar operator lebih mudah dan aman saat memasangkan trailer ke tractor head.

5. Side Guard, untuk melindungi tangki bbm.

6. Trailer Air Tank, tangki udara untuk membantu pengereman trailer.

7. Coupler, komponen sumbu penghubung antara tractor head bermerek Jost yang merupakan salah satu produk coupler terbaik di dunia.

8. Rubber Type Rear Fender, penutup ban (spatbor) dari karet yang lebih aman dari karat ketimbang menggunakan logam.

9. Trailer Brake Handle untuk memudahkan operasional bongkar pasang gandengan.

10. Tombol Rotary Lamp dan Working Lamp diletakkan pada dasbor untuk mempermudah pengoperasiannya.

11. Tire Option: Type Miller (untuk jalan raya lintas perkotaan) dan Lug (untuk jalan semi off-road).

Menurut Tonton, ‘value’ lainnya yang ditawarkan oleh kendaraan ini adalah anti karat dan rear camera. “Rear camera ini bukan untuk keren-kerenan atau gaya-gayaan, tetapi lebih kepada safety,” tuturnya.

Dengan berbagai kelebihan itu, Isuzu Giga FVZ 34P Tractor Head dibanderol Rp847 juta On the Road Jakarta dengan target penjualan 300 unit hingga akhir tahun.

Hubungi : 0877-4166-3126